Definisi autisme

Autisme berasal dari kata “Autos” yang berarti diri sendiri dan “Isme” yang berarti suatu aliran. Jadi Autisme dapat diartikan sebagai suatu paham yang tertarik hanya pada dunianya sendiri. Beberapa definisi autisme yang dikemukakan lembaga kesehatan atau ahli yaitu :

  1. Autisme adalah adanya gangguan dalam bidang Interaksi sosial, komunikasi, perilaku, emosi, dan pola bermain, gangguan sensoris dan perkembangan terlambat atau tidak normal. Autisme mulai tampak sejak lahir, saat masih bayi, atau biasanya sebelum usia 3 tahun (DepKes, 1993)
  2. Autisme adalah gangguan perkembangan neurologi yang ditandai dengan gangguan komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku repetitif (Ratajczak, 2011)
  3. Autisme adalah sindrom perilaku yang timbul padaawal kehidupan dan ditandai dengan defisit interaksi sosial, bahasa, dan kesulitan komunikasi, serta pola perilaku repetitif atau hambatan yang aneh (cit. Kanner, 1945 dalam browndyke, 2002)
  4. Autisme adalah gangguan perilaku berat dimana gangguan ini berkembang pada awal usia 3 tahun. Gangguan ini ditandai pada kecacatan interaksi sosial, defisit dalam komunikasi verbal dan non-verbal, serta pola perilaku dan kegemaran yang repetitif dan stereotipik (Trottier, Srivastava, dan Walker, 1999)
  5. Autisme adalah gangguan perkembangan neurologi yang ditandai dengan perilaku repetitif, penarikan diri terhadap sosial, dan defisit komunikasi (Currenti, 2010)
  6. Autisme adalah gangguan perkembangan neurologi yang bertahan seumur hidup. Ditandai dengan defisit interaksi social dan komunikasi, adanya pola perilaku restriktif, repetitif, dan stereotipik serta terjadinya sebelum usia 3 tahun (Cantor, Yoon, dan Furr dkk, 2007)
  7. Autisme merupakan gangguan fungsi otak yang berat dan masih membingungkan dimana terjadinya pada awal kehidupan anak-anak dan biasanya bertahan sepanjang hidup. Ditandai dengan gangguan pada tiga kategori perilaku (interaksi timbal-balik, komunikasi verbal dan non-verbal, aktivitas dan ketertarikan yang sesuai umur) (Schroer, Phelan, dan Michaelis dkk, 1998)
  8. Autisme adalah gangguan umum pada masa anak-anak dengan gejala gangguan spektrum perilaku yang berkaitan dengan saraf dan gangguan kognitif, bermasalah dalam sosialisasi, komunikasi, dan perilaku repetitif (Jumai’an, Dmour, dan Al-Said, 2011).
  9. Autisme adalah gangguan yang ditandai oleh gangguan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku repetitif (King dan Bearman, 2011)

Dapat disimpulkan bahwa autisme adalah gangguan perkembangan yang meliputi gangguan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku dimana gejala tersebut terlihat sebelum usia 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *