Hasil penelitian Rokach & Brook (1998) menyatakan bahwa terdapat enam kategori strategi koping, yaitu:

  1. Reflection and acceptance, yaitu menyendiri dan merenungkan segala ketakutan, keinginan, dan kebutuhan, oleh sebab itu individu dapat menerima perasaan kesepiannya dan rasa sakit yang dihasilkan.
  2. Self-Development and understanding, yaitu peningkatan keintiman diri, pembaruan diri dan pengembangan diri yang merupakan dampak dari partisipasi aktif dalam organized focused group atau dengan bantuan serta dukungan profesional.
  3. Social Support Network, mendirikan kembali jaringan dukungan sosial dapat membantu perasaan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain.
  4. Distancing and denial, yaitu penyangkalan dari pengalaman dan rasa sakit dari perasaan kesepian dengan perilaku menyimpang seperti menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan.
  5. Religion and faith, yaitu kebutuhan untuk berhubungan dan persekutuan dengan kelompok religius. Melalui afiliasi dengan kelompok religius dan mempraktekkan keyakinan, individu dapat memperoleh kekuatan, kedamaian pribadi, dan perasaan memiliki serta keterikatan dengan kelompok.
  6. Increased activity, yaitu mencari kesibukan untuk keseharian seperti aktivitas kelompok atau individu yang menyenangkan, yang dapat memaksimalkan kontak sosial seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *