1. JUDUL KEGIATAN

“Pelatihan Selam Bagi Anggota OCEAN DIVING CLUB (ODC) Universitas Syiah Kuala”

  1. LATAR BELAKANG

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati laut yang terbaik di dunia. Luas terumbu karang di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 60.000 km2, namun yang dalam kondisi baik hanya sekitar 6,2 % saja. Kerusakan ini pada umumnya disebabkan oleh 3 faktor, yakni keserakahan manusia, ketidaktahuan dan ketidakpedulian serta penegakan hukum yang lemah.

Terumbu karang sangat mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya baik secara fisik juga biologis. Akibat kombinasi dampak negatif langsung dan tidak langsung pada terumbu karang Indonesia, sebagian besar terumbu karang di wilayah Indonesia saat ini sudah mengalami kerusakan yang sangat parah. Bagaimanapun juga, tekanan terhadap keberadaan terumbu karang paling banyak diakibatkan oleh kegiatan manusia, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan. Peningkatan kegiatan manusia sepanjang garis pantai semakin memperparah kondisi terumbu karang.

Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya ekosistem terumbu karang menyebabkan kerusakan terumbu karang di wilayah pesisir semakin tidak terkendali. Mengingat hal tersebut perlu pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia yang peduli terhadap kelestarian terumbu karang. Mahasiswa adalah salah satu sektor penting yang dapat kita harapkan untuk menjaga peninggalan nenek moyang Republik Indonesia.

Ocean Diving Club (ODC) merupakan salah satu wadah yang siap menciptakan sumber daya manusia yang mampu melindungi ekosistem terumbu karang. ODC juga siap mempasilitasi mahasiswa unsyiah umumya, mahasiswa ilmu kelautan khususnya untuk mengikuti pelatihan selam demi masa depan dan kelestarian terumbu karang selanjutnya.

Asotiation Diving School (ADS) Internasional merupakan salah satu asosiasi selam yang menangani pelatihan selam di bidang sains dan rekreasi. Kantor pusat ADS Internasional berkedudukan di Jepang dan memiliki cabang di Indonesia yang terletak di Bali. Untuk pengembangan pengetahuan selam saat ini ADS Internasional juga membuka cabang di Nanggroe Aceh Darussalam.

  1. RUMUSAN MASALAH

            Minimnya sumber daya manusia terutama penyelam menyebabkan pengetahuan yang ada di dalam laut menjadi terhambat. Oleh karena itu penyelaman khususnya di bidang sains demi menunjang pengetahuan di bidang ilmu kelautan sangat diperlukan. Bila sumber daya manusia di bidang kelautan mulai berkembang maka SDM tersebut dapat membantu pencegahan dan penyuluhan terhadap masyarakat luas umumnya dan masyarakat pesisir khususnya akan pentingnya kelestarian ekosistem laut terutama ekosistem terumbu karang dan perikanan.

  1. TUJUAN KEGIATAN

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan penyelam dalam bidang sains yang memiliki potensi dan ketrampilan selam dasar serta meningkatkan pengetahuan tentang ekosistem terumbu karang dan perikanan.

  1. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Setelah kegiatan ini selesai diharapkan kader-kader tersebut dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk konservasi dan rehabilitasi ekosistem terumbu karang.

  1. METODE PELAKSANAAN KEGIATAN
  2. Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini adalah pelatihan selam kepada  anggota ODC yang belum memiliki kemampuan selam, dimana anggota tersebut akan dilatih oleh Asotation Diving School (ADS)  Internasional. Jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan ini sebanyak enam orang. Pelatihan tersebut sepenuhnya di laksanakan oleh ADS Internasional, dimana setelah pelatihan tersebut selesai, peserta akan mendapatkan sertifikat selam, sehingga untuk seterusnya peserta telah dapat melakukan penyelaman untuk kepentingan penelitian maupun konservasi.

  1. JADWAL KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Iboih Kota Madya Sabang yang berlangsung selama dua minggu. Berikut jadwal kegiatan yang akan di laksanakan.

No. Kegiatan                              Bulan
April Mei Sept.
1. Pengurusan Administrasi
2. Pelaksanaan pelatihan selam
3. Laporan dan seminar