1. Jenis Berkala Ilmiah  

Berkala Ilmiah dapat digolongkan ke dalam 2 jenis: berkala ilmiah dan berkala non-ilmiah. Berkala ilmiah sendiri dapat dikategorikan menjadi dua: berkala ilmiah, dan berkala ilmiah populer. Untuk KTI sebaiknya dipublikasi pada berkala ilmiah, minimal di berkala ilmiah populer.

Pada berkala ilmiah, tata tulis dan syarat diterimanya tulisan lebih ketat dibanding dengan berkala ilmiah populer. Kebanyakan apa yang disebut “jurnal” termasuk ke dalam berkala ilmiah.

Pada berkala ilmiah umumnya memiliki struktur yang memuat abstrak dan kata kunci. Sementara pada berkala ilmiah populer, kedua komponen di atas tidak diperlukan. Selebihnya pada berkala ilmiah harus mengikuti tata tulis dan format penulisan yang diacu oleh jurnal atau berkala ilmiah tersebut.  Hal lain yang membedakan adalah kedalaman kajian.

Pada berkala ilmiah, biasanya diperuntukkan untuk artikel yang membahas hasil penelitian terhadap suatu masalah tertentu yang disajikan pada bagian awal artikel. Sementara pada berkala ilmiah populer, walaupun berkaitan dengan tema yang ilmiah namun boleh hanya merupakan paparan atau deskripsi suatu topik atau tema tertentu tanpa ada masalah dan metodologi pemecahan yang disampaikan.

2. Kualifikasi Berkala Ilmiah  

Tidak setiap berkala dapat dijadikan sarana publikasi artikel ilmiah. Untuk itu diperlukan suatu kualifikasi pada suatu berkala agar layak dipilih untuk menerbitkan naskah artikel ilmiah yang telah dipersiapkan.

Berikut beberapa kualifikasi suatu berkala yang layak untuk mempublikasi artikel ilmiah.

  • Memiliki ISSN (International Standard Serial Numbers)

ISSN adalah kode penerbitan berkala yang berlaku internasional. Kode ini biasanya terdapat pada sampul depan suatu berkala, yang terdiri dari 13 digit. Ditandai dengan 3 angka pertama 977 diikuti oleh 7 angka pertama nomor ISSN, 2 angka tambahan untuk kode penerbitan dan 1 karakter cek EAN-13 (suatu versi kodebar). Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI adalah penerbit ISSN National Center untuk Indonesia. Seluruh proses pendaftaran hingga penerbitan ISSN dapat dilakukan secara online pada situs ISSN Online (http://issn.pdii.lipi.go.id/).

  • Jika memungkinkan, pilih berkala yang telah terakreditasi.

Di Indonesia, minimal ada dua lembaga resmi pemerintah yang menerbitkan akreditasi jurnal atau berkala ilmiah, (1) direktorat jenderal pendidikan tinggi (dirjen dikti), dan (2) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dari laman (halaman web) kedua lembaga tersebut, kita dapat mengakses berbagai jurnal ilmiah yang telah terakreditasi, mulai dari akreditasi C, B, hingga A.

Sementara untuk jurnal atau berkala ilmiah berbahasa asing, khususnya Inggris, dapat diakses pada laman beberapa institusi mengindeks jurnal ilmiah, seperti Scopus, crossref, Index copernicus, EBSCO, ULRICHS web, Sensei, Pro quest, Scirus, aau Google scolar. Selain dalam wadah jurnal ilmiah, penerbitan sebuah artikel juga dapat dilakukan melalui berkala ilmiah populer, koran (harian), majalah pendidikan, atau pun website resmi lembaga yang relevan pendidikan yang relevan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *