Ketika sebuah ledakan gas terbentuk di dasar samudera muncul ke permukaan sebagai sebuah massive plume atau gelembung gelembung yang kecil. Jka kita mengumpamakan satu meter kubik plume yang kita temukan ia adalah lebih ringan dari pada 1 meter kubik air laut.

Hukum arcimedes menyatakan bahwa sebuah objeck yang dimasukkan di dalam sebuah fluida tekanan keatas nya sama dengan besarnya gaya gravitasi yang dialami oleh fluida. Jadi kapal terapung karena pergantian masa air melebihi massa daripada kapan tersebut. Jika densitas air tereduksi, kemudian masa air yang tergantikan juga tereduksi . sebuah kapal yang berlayar berpapasan dengan ledakan gas akan kehilangan daya apung dan hilang di bawah permukaan laut.,

Banyak orang mencatat bahwa longsor bawah laut di segitga bermuda melingkupi miami ke Kuba dan Puerto rico. Mereka berpendapat bahwa gas metana terdesak ke luar metana hidrat yang ter destabilisation karena tingginya kehilangan kehilangan gas tersebut dimana area kapal berlayar . bagaimanapun jua ini adalah sebuah kisah besar , tetapi sebuah investigasi yang dilakkan oleh perusahanaan asuransi Lloyds london pada tahun 1992 menemukan bahwa kapal yang hilan di segitiga setan merupakan yang terbesar .