Aplikasi berbasis SMS, tergantung dari metode akses dan enkoding pada pembawa data, layanan pesan pendek Point-to-Point dapat mengirimkan sampai 190 karakter ke suatu Short Message Entity (SME).

Untuk pesan yang segera dikirim, hanya dilakukan satu kali pengiriman untuk setiap permintaan pelayanan. Untuk pesan yang tidak membutuhkan pengiriman dengan segera, dapat dilakukan satu kali atau lebih pengiriman, sampai acknowledgment diterima.

Dalam jaringan GSM, jenis layanan pesan diidentifikasikan dengan Protocol Identifier Information Element, yang membedakan antara protokol tingkat tinggi atau interworking yang sedang digunakan, Misalnya telex , dan telepon suara.

Banyak aplikasi layanan yang dapat diimplementasikan dengan mengkombinasikan elemen-elemen layanan SMS. Disamping layanan notifikasi yang sudah jelas ada, SMS juga dapat digunakan dalam layanan satu arah atau layanan interaktif yang memungkinkan akses nirkabel ke semua jenis informasi dimanapun berada.

Dengan memanfaatkan berbagai teknologi baru yang menggabungkan browser, server, dan markup language yang didesain untuk perangkat bergerak, SMS memungkinkan piranti nirkabel untuk mengakses dan mengirimkan informasi secara aman dari internet atau intranet dengan cepat dan efisien. Salah satu dari teknologi tersebut dimana SMS dapat memberikan suatu pendekatan yang kooperatif adalah WAP, yang memungkinkan pengiriman data bagi para pengguna piranti bergerak nirkabel.

Berikut adalah beberapa aplikasi SMS yang menarik untuk dibuat :

  1. Notification Service, merupakan jenis aplikasi SMS yang meliputi hal-hal yang bisa dinotifikasikan melalui SMS, seperti reminder, alerting jika ada e-mail atau fax yang masuk.
  2. E-mail Interworking, jenis aplikasi ini memungkinkan penggunaan SMS dalam jaringan e-mail, misalnya untuk SMS to e-mail  dan e-mail to SMS.
  3. Web Internetworking adalah jenis aplikasi yang memungkinkan pengakses layanan Web dengan SMS, misalnya layanan SMS Satelindo dengan Detik.Com, layanan informasi kurs, cuaca dengan SMS, juga pengiriman SMS dari Web.
  4. Mobile Banking, merupakan jenis layanan SMS yang digunakan untuk mengirim informasi password/pin, jenis transaksi, dan sebagainya yang berkaitan dengan pelayanan bank. Contohnya adalah mobile banking BCA.
  5. Tracking, umumnya digunakan oleh perusahaan jasa trasportasi pemaketan semacam DHL, FedEx, untuk mengetahui lokasi barang yang sedang dikirim.
  6. Customer Service, Jika sekarang umumnya digunakan telepon untuk customer service, seperti call Centre, maka sekarang sudah saatnya kita mengimplementasikan sms call Centre untuk melayani coustomer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *