Suatu sistem diartikan sebagai bagian yang jelas dari realitas. Status suatu sistem adalah semua sifat-sifat yang relevan dari sistem dan lingkungannya. Suatu sistem adalah himpunan dari sejumlah unsur yang saling berhubungan, yang diorganisir ke arah satu atau kelompok tujuan, pendekatan sistem adalah suatu metode yang logis dan alat yang memungkinkan mereka untuk mengidentifisir, menganalisa, mensimulasi, mendisain sistem keseluruhan (the intrinsic system) dan sistem/komponen yang saling berinteraksi untuk menilai tujuan. Pengetahuan ini memungkinkan seseorang untuk membuat pilihan yang rasionil diantara pilihan yang beda dalam masalah yang kritis. Tujuan dari sistem harus didefenisikan secara jelas dan dapat dikenal. Proses pengambilan keputusan dalam sistem yang sesungguhnya harus dipusatkan pada cara-cara yang pasti (Eriyatno, 1978)

            Law and Ketton (1991) menyatakan bahwa sebuah sistem dibatasi menjadi sebuah kumpulan dari kesatuan-kesatuan, contoh, orang-orang atau mesin-mesin, yang melakukan aksi dan interaksi bersama terhadap penyelesaian dari beberapa logika akhir. Semprivivo (1976) mengungkapkan bahwa sebuah sistem dapat dibatasi sebagai sebuah rangkaian dari hubungan antar elemen-elemen yang membentuk beberapa aktivitas, fungsi, atau operasi.

            Sementara analisis sistem adalah studi mengenai sistem atau organisasi dengan menggunakan asas-asas metoda ilmiah, yang dapat diartikan sebagai suatu metoda pendekatan masalah (Soerianagara, 1978 dalam Darmadi, 2002).

            Salah satu cara menganalisis sistem yang kompleks adalah dengan cara simulasi yang memiliki ketangguhan dalam menelaah suatu sistem, karena cara ini memiliki fleksibilitas dalam hal waktu dan dana serta konsekuensinya yang relatif kecil.

            Bidang khusus dalam sistem analisis yaitu penggunaan komputer, karena kemampuannya untuk menghitung dan memungkinkan memproses banyak variabel dengan segala interaksinya. Simulasi biasanya berarti bahwa kita mempunyai program komputer atau model lain dalam sistem tersebut dimana kita dapat mencoba berbagai design dan management strategy.