New-Picture6



Tap
Merupakan alat pembuat derat dalam yang mempunyai berbagai jenis dan ukuran. Tap terbuat dari bahan yang sangat rapuh (getas), sehingga kita harus hati-hati dalam menggunakan dan merawatnya. Satu set tap yang umum digunakan terdiri atas 3-4 jenis yakni :
1. Tap Tirus (Lancip) : digunakan untuk membuat derat pada seluruh dinding lubang (tembus)
2. Plug : sejenis buttoming tetapi ujungnya agak mengecil. Digunakan sebagai pemulai untuk tap buttoming.
3. Bottoming : digunakan untuk membuat derat pada seluruh dinding pada lubang buntu (tidak tembus)
4. Machine Srew : digunakan untuk membuat derat yang relatif halus dan diameter kecil.
Sebelum menggunakan tap, bagian mesin yang akan dibuat derat harus dilubangi terlebih dahulu dengan menggunakan bor dengan diameter tidak lebih dari diameter tap pada bagian dasar ulirnya. Dalam pengoperasiannya, tap dilengkapi dengan pegangan atau pemutar dan kadang ada yang dilengkapi pula dengan batang penghubung.
Benda kerja yang akan di tap harus dijepit kuat dengan ragum. Selama pengerjaan tap hendaknya tap selalu dibubuhi pelumas encer. Proses pengerjaan tap dilakukan dengan memutar ke arah kanan (seperti memasang baut), setiap satu-dua putaran harus diputar balik (setengah putaran) kearah kiri untuk menghancurkan dan mengeluarkan serpihan logam yang dihasilkan. Serpihan logam yang bertumpukan dan tidak keluar akan mengakibatkan derat yang dibuat menjadi tidak sempurna.

Dies/Snei
Merupakan alat pembuat derat luar yang mempunyai berbagai jenis dan ukuran, tetapi ada pula dies dengan ukuran yang dapat diatur. Prinsip pengoperasiannya adalah seperti memasang mur pada batang bulat. Sebagaimana tap, pengerjaan dies sebaiknya juga disertai pelumasan dengan oli encer. Dies jugaterbuat dari bahan yang relatif rapuh (walau keras), oleh karena itu hati-hati dalam menggunkan dan merawatnya.


ALAT PENGENCANG KOMPONEN

Alasan menggunakan pengencang :
1. Monstruksi alat dan mesin dapat dibagi menjadi komponen-komponen yang lebih sederhana pembuatannya
2. komponen-komponen mudah dilepas apabila diperlukan perbaikan, pemeliharaan ataupun penggantian apabila diperlukan
3. Tersedia berbagai jenis dan ukuran pengencang juga alat atau kunci untuk membuka pasang yang cukup praktis dan aman
Syarat dalam memilih dan menggunakan pengencang :
1. Kualitas bahan yang baik dan sesuai
2. Cukup kuat dan tahan lama
3. Tidak mudah berkarat
4. Cukup tahan lama
5. Relatif mudah dibuka-pasang dan dipergunakan kembali
6. Tahan getaran (tidak mudah lepas), terutama untuk bagian-bagian yang bergerak

Baut, Mur dan Perlengkapannya
Baut dan mur umumnya digunakan untuk merangkai komponen-komponen alsin yang memerlukan ikatan yang kuat. Agar ikatan itu terkunci dengan baik dan kuat atau tidak mudah terlepas karena getaran, umumnya dilengkapi dengan berbagai jenis ring, pasak ataupun kunci. Ring ini dapat berupa ring plat, ring per atau ring gerigi.

Gambar. Beberapa Jenis Baud

Gambar. Beberapa Jenis Mur

Sekrup
Umumnya digunakan untuk merakit bagain-bagian yang tidak memerlukan ikatan terlalu kuat. Penggunaan sekrup biasanya dilengkapi dengan obeng sebagai alat bantu untuk membuka dan menutup sekerup.

Gambar. Beberapa jenis Sekerup

Paku Keling atau Rivet
Jika kita ingin menyatukan dua buah atau lebih logam pipih maka kita dpat menggunkan paku keling atau rivet. Penyatuan logam dengan menggunakan paku keling atau rivet ini akan menghasilkan sebuah ikatan yang bukan untuk dibuka pasang berikut ini akan diperlihatkan beberapa jenis paku keling atau rivet :

Gambar. Beberapa Jenis Paku Keling dan Rivet

Proses pemasangan paku keling dapat dilihat seperti gambar berikut :